RADARBANDUNG.id, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 tahap kedua dengan prioritas orang lanjut usia (lansia) di Kota Bandung mulai digelar, Jumat (26/2).

300 ribu lansia menjadi sasaran target penyuntikan vaksin Covid-19. Untuk dosis pertama vaksin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menyiapkan 118 ribu vaksin yang disebar ke 184 fasilitas kesehatan (faskes).

RS Al-Islam menjadi salah satu faskes yang menggelar vaksinasi lansia. Pada hari pertama penyuntikan, 36 lansia mendapat suntikan dosis pertama vaksin Sinovac.

Nantinya 28 hari ke depan, mereka diminta kembali datang untuk vaksinasi dosis kedua.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinkes Kota Bandung, dr Rosye Arosdiani menuturkan, vaksinasi terhadap lansia hari ini diambil dari pendaftar.

Dihubungi satu hari sebelumnya, dari 300 pendaftar hanya 36 yang bisa dihubungi.

“Data dari kami diberikan kepada pihak RS Al-Islam. Jadi kenapa hanya terkumpul 36 orang karena ini lah yang berhasil dihubungi dan lolos verifikasi, padahal data yang sudah diberikan ada 300,” kata Rosye di RS Al-Islam, Jalan Soekarno Hatta, Jumat (26/2).

Menurut Rosye, pihak faskes akan lebih dulu menghubungi sebelumnya untuk diminta kesediaannya. Proses skrining juga dilakukan melalui telepon dan calon penerima vaksin harus jujur terkait kondisi kesehatannya.

“Ini semua berproses, masyarakat harus memastikan nomor hp nya aktif, kemudian pihak RS Al-Islam melakukan skrining by phone dulu untuk memastikan apakah memungkinkan atau tidak, harus jujur menyampaikan kondisinya,” sambungnya.

Kemudian mereka datang untuk kemudian vaksinasi. Setelahnya selama 30 menit, penerima vaksin diminta diam di ruangan untuk proses observasi.

Kata Rosye, tahapan vaksinasi Covid-19 lansia ini prosesnya sama seperti tenaga kesehatan, tapi mereka tidak bisa sembarangan suntik vaksin di tempat berbeda.

Baca Juga:

“Vaksinasi Kota Bandung pada 184 faskes, tapi untuk lansia ini memang tidak bisa dimana saja. Tentunya kami harus memastikan fasilitas yang menjadi tempat ini, faskes yang aman untuk kegawatdaruratan,” terangnya.

Lebih lanjut, vaksinasi lansia dosis pertama diharapkan selesai dalam satu bulan ini. Sedangkan sampai vaksinasi dosis kedua, Rosye menargetkan pelayan publik dan lansia bisa selesai Juni.

“Jadi bertahap, tidak bisa semuanya dalam satu bulan ini. Kita akan melakukan vaksinasi tahap dua untuk lansia dan pelayan publik ini sampai minggu kedua Juni. Masih cukup panjang, kami melakukan vaksinasi sesuai dengan ketersediaan vaksin,” ungkapnya.





Source link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *