LENGKONG, AYOBANDUNG.COMSariawan adalah salah satu penyakit yang paling menganggu. Seseorang yang mengalami sariawan akan mengalami kesulitan saat makan.

Sariawan terjadi karena berkembangnya jamur di mulut sehingga menimbulkan rasa sakit. Oleh karena itu, seseorang yang mengalami sariawan biasanya akan mencari cara untuk mengobatinya.

Beberapa cara untuk mengobati sariawan rupanya dapat dilakukan di rumah. Dilansir dari healthline, berikut cara untuk mengobati sariawan, di antaranya:

1. Air garam

Garam mengandung antiseptik, pembersih, dan menenangkan bagi mulut. Hal ini sangat baik untuk mengobati sariawan karena bakteri akan dibersihkan. Cara menggunakan air garam sebagai obat sariawan yaitu:

-Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat.
-Kumur larutan ke seluruh mulut.
-Keluarkan larutan garam.

2. Soda kue

Soda kue mengandung natrium bikarbonat yang dapat mengobati sariawan. Dalam sebuah studi pada 2009, para peneliti melihat keefektifan natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang melekat pada resin akrilik.

Hal ini dapat dikatakan jika soda kue dapat bermanfaat untuk mengobati sariawan. Cara menggunakannnya yaitu melakukan kumur-kumur dengan soda kue.

3. Yogurt

Yogurt rupanya juga bermanfaat untuk mengobati sariawan. Hal ini karena yogurt mengandung probiotik kultur bakteri baik yang dapat mengobati sariawan.

Yogurt juga dapar memelihara bakteri baik di mulut. Selain itu, sifatnya yang lembut membuat sariawan tidak terasa sakit saat menelannya.

4. Jus lemon

Jus lemon mengandung antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan. Dalam sebuah penelitian pada 2009, dikatakan jus lemon efektif untuk mengobati sariawan terutama untuk penderita HIV.

5. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yaitu senyawa yang dianggap memiliki kemampuan antiinflamasi. Dalam sebuah studi tahun 2010, kunyit dipercaya sebagai obat sariawan karena mengandung antijamur yang mampu melawan Candida albicans.

Pengobatan juga semakin efektif jika digabungkan dengan piperine, yaitu senyawa yang ada pada lada hitam.

6. Minyak cengkih

Minyak cengkih dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah mulit. Menurut kedokteran gigi, minyak cengkih mengandung antiseptik dan pereda nyeri.

Tidak hanya itu, menurut studi In Vivo dan In Vitro tahun 2005, senyawa dalam minyak cengkih atau dikenal eugenol, ternyata dapat mengobati sariawan.

7. Cuka sari apel

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang mampu melawan candida. Hal ini sangat baik untuk mengobati sariawan pada seseorang.

Selain itu, cuka sari apel juga berguna sebagai pengobatan alternatif untuk penderita stomatitis gigi tiruan.

8. Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C akan sangat membantu mengobati sariawan. Hal ini karena vitamin C dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, vitamin C juga mendorong untuk produksi sel darah putih yang melindungi tubuh dari berbagai infeksi, seperti sariawan.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.





Source link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *