RADARBANDUNG, SOREANG – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) pada 21 Februari, Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bandung Tisna Umaran mengajak masyarakat menabung di Bank Sampah.

Ia menuturkan, selain bernilai ekonomis, menjadi nasabah bank sampah juga bisa ikut mengurangi pencemaran lingkungan.

“Kehadiran bank sampah dapat menjadi solusi nyata dalam menyelamatkan lingkungan. Khususnya di tengah pandemi seperti ini, bank sampah juga berperan dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ungkap Tisna saat menabung sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Soreang, Selasa (23/2/2021).

Guna menyukseskan program tersebut, ia mengimbau seluruh perangkat daerah (PD) untuk melaksanakan sosialisasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkungan Pemkab Bandung.

Menurutnya, ASN harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat sekitar. Mengingat, ASN merupakan birokrat yang paham dengan program-program pemerintah daerah.

“Tidak berhenti sampai di situ, sosialisasi dan edukasi juga harus dilakukan secara berjenjang hingga tingkat kecamatan dan desa. Dengan begitu, Insya Allah upaya – upaya kita dalam bidang lingkungan dapat terwujud,” harap Tisna yang juga menjabat sebagai Pj Sekda itu.

Sementara Kepala DLH Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengungkapkan, pada HPSN 2021 pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan.

Baca Juga: Menyulap Sampah Jadi Emas

Antara lain, Gerakan Pekan Edukasi Menabung Sampah serta Penguatan Bank Sampah Tematik melalui Program Raksa Desa yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) No. 26/2020.

“Berbeda dengan pusat, dimana keberadaan bank sampah baru terbentuk, Kabupaten Bandung bank sampah sudah banyak berdiri, sehingga perlu registrasi bank sampah,” akunya.

“Beberapa hari ke depan, kami juga akan melakukan kunjungan kelima bank sampah tematik dari 589 bank sampah tematik,” pungkasnya.





Source link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *