RADARBANDUNG.id, BANDUNG Setelah sempat berhenti berangkat karena kerusakan rel kereta di jalur hilir KA antara Stasiun Kedunggedeh-Stasiun Lemahabang, Kab. Bekasi, perjalanan kereta api jarak jauh Bandung-Jakarta sudah kembali beroperasi.

Hal tersebut Manager Humas Daop II Bandung, Kuswardoyo, umumkan Selasa (23/2).

Ia menyampaikan, beroperasinya kembali perjalanan kereta api Bandung-Jakarta itu setelah petugas lapangan melakukan normalisasi.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, perjalanan kereta api Bandung-Jakarta dihentikan sejak Minggu (20/1/2021).

Seluruh jadwal keberangkatan kereta menuju Jakarta dan sebaliknya batal akibat banjir merendam ruas jalur pada petak jalan antara Kedunggedeh – Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm.

“Dengan beroperasinya jalur tersebut, maka perjalanan kereta api dari Daop II Bandung ke Jakarta dan sebaliknya sudah dapat beroperasi kembali mulai siang hari ini,” ungkapnya.

Kuswardoyo menjelaskan, dalam pemulihan rel kereta api yang terdampak banjir, petugas PT KAI melakukan penguatan pondasi, menambah batu balas atau ricak dan memadatkan jalur KA dengan menggunakan alat berat.

Kendati demikian, demi pertimbangan keselamatan, sementara waktu kecepatan kereta api yang melintas pada jalur itu dibatasi.

Baca Juga:

Ia menyebut, laju kereta api maksimal hanya 10 km per jam. “Secara bertahap akan ditingkatkan,” ungkapnya.

Pihak PT KAI disebut akan terus melakukan peningkatan kemampuan jalur double track sehingga nantinya dapat kembali dilewati dengan kecepatan normal. Adapun, kereta pertama yang melintasi jalur tersebut KLB D1/10481 pukul 10:29 WIB kemarin.

“Kami atas nama manajemen KAI Daop 2 mengucapkan permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir tersebut,” pungkasnya Kuswardoyo.

(muh)





Source link

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *